Monday, June 16, 2008

trimatra - apasih lo ndut?

mungkin itu pertanyaan yg timbul di kepala lo. tenang2, ini bukan sebuah ajaran macam ahmadiyah atawa ilmu kebal dari Banten.

Trimatra menurut yg gw baca sih artinya Three Dimensional, which is dalam bahasa Indon brarti 3 Dimensi.
Lo pasti tau kan 3 dimensi apaan.. ya kalo dulu pernah tuh ada sinetron yg (sok2an) lucu, katanya kalo mau nonton musti pake "kacamata 3 dimensi" dimana lensa(bukan lensa sih, plastik) kiri dan kanannya berbeda. yang kiri biru, yg kanan merah(atau sebaliknya? auk ah). trus pernah juga di wahana Ancol ada yg pake ginian, maksudnya apa sih nih nonton musti pake kacamata berbeda warna kiri kanan? ternyata, maksud dari si pembuat acara ini adalah agar gambarnya terlihat timbul dengan cara, mata yg liatnya lewat warna merah akan berada di blakang mata yg lewat warna biru titik jatuhnya. jadi terkesan agak2 double dan timbul gitu dehh.. tapi kok kalo gw coba kagak seru ya(sinetronnya). bodo'.

nah kalo secara harafiah, terjemahan, atau apalah itu namanya, 3 dimensi adalah suatu benda yang mempunyai unsur P, L, dan T. P untuk Panjang, L untuk Lebar, dan T untuk Tinggi. nah kalo berdasarkan teori ini, lo bisa belajar di matematika. matematika? iya, kan ada nama babnya bangun 3 dimensi(atau bangun ruang ya? yg jelas bukan bangun tidur). di bab ini lo bakal dikenalin sama macem2 benda 3 dimensi. mulai dari kubus, balok, trapesium, bola, limas, dsb.
nah soal Volume sama Luas Daerah-nya gak usah gw jabarin disini deh ya, blog gw bukan blog-nya pak Iman atau Bu Elly. oh iya, bangun 3 dimensi itu dibuat dari bangun 2 dimensi loooh, hebat banget ya? gak ya? yaudah, lanjut.

nah trus maksud lo apa ndut make tuh nama buat blog lo?
gini, kita smua kan hidup berdampingan di dunia kita yg nyata ini kan? lo pasti sadar kan smua yg lo liat di depan mata lo ini ber-dimensi?(gw si kadang2 ngga). mau 1 dimensi, 2, 3, atau bahkan kata Einsten ada dimensi ke-4, 5, 6, dst. yang mana gw blom baca tentang teorinya(males). naaah.. kalo 3 dimensi kan (pastinya) bisa dilihat dari berbagai sisi tuh, atas bawah depan belakang bisa smua kan? nah, filosofi (ceilaah) inilah yg gw pakai untuk menjalani hidup gw. gw selalu berpikir kayak gini untuk melihat dunia, gw mencoba melihat suatu hal tuh dari berbagai sisi.. contoh, "ih kok dia begitu sih kalo lagi ngomong?" nah disaat kebanyakan orang berpikir begini, gw pikir aja positif dimana kita melihatnya dari sisi lain, "yaelah, dia sariawan kalii." atau "mungkin dia lagi puasa, puasa baru kali tuh, caranya musti ngomongnya aneh gitu mukanya." beres kan?

gak cuma masalah sepele yang bisa diginiin, masalah besar pun bisa! misal lo lagi giat2nya belajar, mau test blok, eh tau2nya lo remed2 juga. tenaang, lo gak usah panik, pikirkan dengan kepala yg dingin(mungkin bisa sambil makan eskrim) coba lo pikir, "mungkin kalo nanti gw lulus nih TB(test blok) gw bakal jadi sombong, gw bakal ngatain temen2 gw, gw bakal jadi eksibisionis. dan kalo gw remed gw bakal lebih bersatu dengan temen gw, meningkatkan kerjasama dengan cara saling contek, berbagi kebetan, dan juga bisa jadi gw dapet gebetan baru dalam acara remed bersama ini." gitu deh sob. keren kan?

atau masalah yang super-duper-bueessaar? kayak misalnya lo udah siapin rencana yang sangat, sangat-sangat matang untuk menguasai dunia. lo udah rembug-in sama temen2 lo, lo udah nyebar2 pamflet, lo udah mepersiapkan persenjataan, merekrut anggota, bahkan sudah menyebar isu-isu global. tapi ternyata lo gagal melakukan semuanya. kenapa? lo jangan ambil pusing dengan mikir yg negatif2 terus, harusnya lo berpikir lebih real, jangan kebanyakan menghayal mulu! Jorj Bust aje masih blom bisa menguasai dunia, lo lagi yg masih minta jajan ma emak mau ikut2an. sekolah dulu dah yg bener.

masih mau bukti? mending lo coba mulai sekarang. coba dari hal-hal kecil, coba dengan berpikir positif, mari kita lihat apa yg terjadi dengan hidup lo dengan menerapkan ajaran gw ini(halah).
ingat, kekesalan ada bukan hanya ada niat, tetapi juga karena ada kesempatan. dan kekesalan yang berlebihan bisa menyebabkan muka terlihat lebih tua, cepat marah, dijauhi orang, kencing tidak lurus, gagal ginjal, darah sedeng, dsb.

okei, sekian dari saya hari ini, mari kita buat hari esok lebih indah dari hari ini. oh iya, makasih ya udah percaya sama kata2 gw barusan. gw gak boong kok, hanya gak berfakta, alias hasil pemikiran gw sendiri ;)

10 comments:

gema satria said...

wow, bagus juga tulisan lo ndut, cuman gw rada ribet bacanya banyak komen2, bagus juga sih, gw makin terbayang kalo lo lagi ngomong dengan gaya lo itu,juga celetuk2an di blog lo ini.

gw jadi rada (sekali lagi "rada") sadar gw kayanya terlalu usil buat ngomentarin orang, mulut gw jg sering usil. haha.
oke deh mister trimatra.
gw coba terapkan di kehidupan sehari2 (buat yang ngeliat gw masi ngatain org, kan gw bilangnya COBA, haha)

ayo saling mendukung blog!!
*eh, katanya blog2 kite bisa di-link ndut, tapi gw ga ngerti caranya, klo lo bisa, link punya gw dong di blog lo ye? oke oke? OK??? WIH BAIK BANGET LO NDUT!
awas ampe kaga.hehehe

kalyaputri said...

sandutt

haha. iya ndut, yang lo tulis itu REAL bange tya sebenernya, cuma selama ini kayaknya belom ada aja yang menyajikan itu secara sebegitu REALnya, kayak lo. cie sandut
hidupnya asik2 aja. hehehe

di link ke blog gue dong ndut, ato blog gue lah yang di link di lo. okay? pliiis. sandut baikk.

KAL.
-kalyaputri.blogspot.com

Anonymous said...

wizz, blog nya sandut cadas abis.
gw blm baca ampe slese sih,tp kira2 ngerti lah isinya..

keep posting bro..

numpang promosiin blog orang ye..
(bukan blog gw sih)
http://astagayuk.wordpress.com
lucu2 loh

Anonymous said...

parah ndut!
keren abis pemikiran lo!

gokil sob! gw tunggu tulisan2 lo berikutnya,

Anonymous said...

NICE...

RnD

Anonymous said...

kak masih inget saya ga? yg wawancara kk pas tgas bahasa inggris kelas 1 saya, dulu saya anak XE, blognya seru,,,

sandut said...

Hoo.. Hm, anak siera itu ya? Rino apa namanya? Haha, maap deh kalo salah..
Thx ya udah mampir ksini :)

Anonymous said...

cieilah sandut
keren2. gue suka inti pemikiran lo. mnurut gue ini sangat simpel dan sangat mungkin sekali buat semua orang bisa bikin tulisan kyk ini. tp lo udah setidaknya ngungkapin ini pake cara lo dan gue suka gaya nulis lo. gak perlu bahasa yang berat2. sip lah pokoknya.
oke ndut gue baca blog berikutnya deh ya.

Anonymous said...

eh iya ndut pas pertama baca judulnya gue lgsg nyambung sama majalah pria yg bernama Majalah Tren Pria yg kebetulan disingkat matra. jd gue mikirnya apakah lo bakal ngbahas 3 jilid majalah itu dan alhamdulilah bukan.
hahahaha

ind said...

waaw keren bgd pemikiran lo ndut parah
salut gw bgd gw sm lo

gw jadi sadar slama ini sering berpikiran negative mlu
abis baca blog lo pikiran gw langsung terbuka,hehe

keren keren