Sunday, June 29, 2008

The Archimedes'

what? sandut nulis tentang Archimedes? gak salah nih? fisikanya aja masih cacu.. masuk kelas SUPER INTENSIF fisika 2008 di SMA N 8. mau jadi apa nih tulisan?

hahahaha, tenang sob gw kagak macem2 dah, gw juga tau gw kagak jago fisika. gw cuma mau nulis tentang... baca aja deh..

Archimedes, nama panjangnya Archimedes of Syracuse, lahir 287 BC di Syracuse, Sicily, Magna Graecia, wafat 212 BC di Syracuse juga. Beliau adalah seorang pakar(kayak Roy Suryo aja, pakar..) Matematika, Fisika, Astronomi, seorang filsuf, dan juga seorang penemu.

naaahhh.. lo pasti tau kan tentang Hukum Archimedes yang berbunyi,
"Jika suatu benda dicelupkan ke dalam sesuatu zat cair, maka benda itu akan mendapat tekanan keatas yang sama besarnya dengan beratnya zat cair yang terdesak oleh benda tersebut". atau kasarnya, "massa air yang tumpah sama dengan massa benda yang dimasukkan". beeeuuhh, keren apa kagak? ato jangan2 lo ga tau lagi.. lo pantengin tipi aja dah, ada juga tuh di iklan salah satu minuman berkarbonisasi(halah) dengan berbagai rasa(baca: Fanta), PAUUS.. yg gitu tuh.

oke, trus ada apa gerangan dengan hukum itu? selidik punya selidik, ternyata hukum itu berlaku pada kehidupan non-fisika sehari2 loh(dalam pandangan dan kepercayaan gw).
hah?
gini2.. kan itu dijelasin, kalau massa yang masuk dan yang keluar sama kaan. nnaaahhh, itu tuh bisa kita aplikasikan juga dalam berbagai aspek, hampir smua aspek! tapi dengan 1(satu) syarat, lo harus percaya, gak boleh ragu, dan yang pasti lo harus ikhlas.

yuk mari kita ambil salah 1 aspeknya which is 'kebaikan'. ya, kebaikan, kenapa gw baik sama orang? knapa gw susah nolak kalo dimintai pertolongan? kenapa gw gendut?(jah) itu smua karena gw percaya kalau semua yang gw lakukan terhadap lingkungan gw, nantinya akan berbalik ke gw lagi, malahan bisa jadi lebih besar dari yang kita kasih(yang kenapa gw gendut ga usah dipikirin oy). yaaa kalo kata orang2 sih karma(terlalu serem buat gw, makanya gw gak menyebut ini sbagai karma).

nih ada temennya nyokap gw di kantor, dia keturunan tionghoa gitu, dia ikut MLM dan (hokinya) sukses abiss.. duitnya jadi banyak, berlimpah, dan dia mensyukurinya dengan cara disumbangin(baca: zakat) ke yayasan atau orang2 yang ga mampu. dan lo tau apa hasilnya? DUITNYA MALAH MAKIN BANYAK! dia sendiri ampe bingung mau diapain duitnya. dia bahkan sampe berpikir, "Apa saya berenti zakat aja apa ya? biar ga nambah duit saya, saya bingung mau diapain" (pak, lihat ke sini pak, masih ada yang belum tersentuh rizki bapaak T-T) beuh, cadas apa tolol nih orang?

jadi jadi jadi, cobalah untuk selalu melakukan hal yang positif, yang tidak merugikan berbagai pihak, yang menguntungkan sandut(menguntungkan lo juga pastinya, hohoho), dan hal2 yg lo-kalau-diperlakukan-seperti-itu-lo-juga-seneng
. biar nantinya hal2 itu akan berbalik lagi ke lo. emang sih ini gak pasti, tapi ini bisa jadi estimasi, bisa jadi suatu alasan yg bakal bikin lo smangat untuk berbuat sesuatu. tapi ya itu tadi, tetep dengan 1 syarat itu, lo harus percaya. karena dasar dari suatu kehidupan adalah kepercayaan(ceilaah).

yak, itu tadi adalah another filosofi hidup gw setelah trimatra. silahkan anda coba sendiri dirumah, minta bantuan mama papa kalu masih takut untuk mencoba sendiri, minta bantuan tetangga juga bisa..

akhir kata, terima kasih untuk pembaca yg membaca postingan saya, terima kasih untuk om Archimedes atas ide2nya, terima kasih kepada saudara Boty yg memasang tarif sedemikian murahnya di warnet ini(Rp2.000/jam bok!) sehingga saya betah disini dari dulu, dan yang pasti terima kasih telah percaya pada saya :D

yang membantu saya: Wikipedia

2 comments:

Anonymous said...

Ahahaha, itu namanya gak sesuai ama hukumnya lah san... Hukumnya kan massa yang tumpah = massa benda yang masuk, klo contohnya tadi mass yang tumpah < massa yang masuk ^^

Sayang, gw punya filosofi lain, "Meski ada massa yang masuk, gak perlu ada massa yang tumpah"

Anonymous said...

hmm yg gue pikirkan dari yg namanya hukum arkimedes itu adalah massa yg masuk = massa yg keluar. dengan kata lain makan banyak tu pupnya juga banyak. tp pada kenyataannya gue mau makan sebanyak apa jg pupnya segitu2 aja (baca: gue menggendut)
hehe ni kan ceritanya gue lg ngliat pemikiran lo dari sudut pandang lain. trimatra gitu loh. hahahaha.
bloglo oke ndut. hehe